free site stat

Jenis Sablon yang sering dipakai di dunia konveksi

Jenis Sablon yang Sering Dipakai di Dunia Konveksi - Microzide.id

Jenis Sablon yang sering dipakai di dunia konveksi

1080 720 microzide.id

Sablon secara khusus dapat diartikan sebagai teknik mencetak dengan menggunakan layar atau screen yang rapat. Layar itu biasanya berbahan dasar sutra atau nilon yang kemudian dipola sedemikian rupa berdasarkan desain yang ingin dibuat. Setelah itu, layar yang sudah terpola di atas pakaian atau kaos akan diberi tinta sablon agar pola yang berada di layar tercetak di kaos.

Berikut jenis-jenis sablon yang mungkin perlu kamu ketahui:

  • Sablon Plastisol

Plastisol adalah jenis sablon oil-based atau minyak, karakter plastisol cukup tebal dan sangat terasa akan unsur karetnya dibandingkan dengan sablon jenis rubber.  Kelebihan sablon jenis plastisol ini yaitu sangat awet dan tahan lama.

Meskipun awet, kelemahan plastisol ada pada kenyamanan pada kaos dan pada proses penyetrikaan. Sablon jenis ini tidak boleh terkena suhu panas langsung seperti setrika panas sebab akan merusak gambar sablonnya. Meski demikian, kamu bisa menyiasatinya dengan membalikkan kaos tersebut jika hendak di setrika. Sablon jenis ini banyak peminatnya, alasannya adalah karena plastisol mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

  • Sablon Rubber

Jenis sablon ini sering dikenal dengan nama sablon karet. Sifatnya menutup serat kain dan timbul serta hasil sablon yang terbilang elastis. Sablon rubber banyak digunakan untuk sablon di atas kain gelap. Mengapa? Karena tinta yang bersifat pekat mampu menutup permukaan warna kain dengan baik.

  • Sablon Pasta

Jenis sablon non rubber. Sifatnya menutup serat kain dan menimbulkan hasil sablon yang tidak elastis. Dilihat dari penampilannya jenis sablon ini hampir serupa dengan sablon rubber.

  • Sablon Pigmen

Bersifat seperti tinta yang meresap pada serat kain, jenis sablon ini hanya bisa digunakan pada kain yang berwarna terang dalam artian jenis sablon ini tidak bisa digunakan dibahan yang gelap.

  • Sablon Foam

Cat karet akan timbul seperti foam dan lebih terasa timbul dari pada sablon rubber. Sablon ini terdapat pada kedua jenis tinta, baik underbase maupun plastisol. Tinta ini membutuhkan pemanasan yang nantinya akan mengakibatkan tinta yang mengembang dengan efek timbul.

  • Sablon Separasi

Separasi merupakan proses sablon dengan pemisahan warna design untuk dijadikan film. Jenisnya sendiri ada dua. Yang pertama spot color atau warna blok biasanya ini untuk desain berbentuk vector, sedangkan yang kedua berbentuk raster atau disebut proses color.

  • Sablon Glow In The dark

Cat sablon transparan dengan campuran bubuk fosfor yang bisa bersinar terang di tempat yang cenderung gelap. Bisa diaplikasikan dengan sablon rubber, pigment, ataupun plastisol.

  • Sablon Glitter

Cat sablon transparan yang diaplikasikan dengan campuran bubuk berupa metalik atau mengkilat. Sablon model ini terlihat lebih ekslusif dan juga terlihat mewah.

  • Sablon High Density

Ini cat sablon yang timbul dan tajam, bahan dasarnya dari plastisol. Tinta ini bersifat transparan. Selain itu, tinta ini juga menghasilkan efek sablon yang mengkilap dan akan terkesan basah dan bisa juga dibuat doff.

  • Sablon Foil

Sablon dengan memakai lapisan bahan kertas logam (seperti alumunium foil) yang ditempel di atas kain dengan lem yang khusus. Jenis sablon yang memberikan kesan mengkilat menjadikan kaos akan terlihat ekslusif.

  • Sablon Flocking

Sablon dengan menggunakan lapisan bahan seperti beludru yang di tempel di atas kain dengan lem yang khusus. Terdapat dua jenis flock, yaitu bubuk dam lembaran. Khusus untuk lembaran, membutuhkan lem yang khusus sebagai media perekatnya. Menggunakan bahan lem transparan lalu menggunakan mesin press agar menjadi seperti beludru.

  • Sablon Discharge

Cat dengan kemampuan mengubah warna dasar bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mencabut warna dasar kain sehingga warna bahan akan menjadi putih atau abu-abu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

  • Sablon Super White

Cat sablon yang menyerap ke dalam serat kain. Sablonan yang satu ini mirip dengan tinta rubber, di mana terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan.

  • Sablon DTG

Cara penyablonan kaos dengan teknik ini menggunakan mesin digital, efek dari hasilnya sangat detail dan jelas. Sablon digital biasanya digunakan untuk produksi masal yang banyak, contohnya kaos partai.

Sumber Foto : jaymis.net

microzide.id

Microzide integrated clothing manufacturer siap memenuhi kebutuhan para pelaku clothing di Indonesia. Dengan harga yang kompetitif dan kualitas produk yang tidak perlu dipertanyakan lagi siap membantu anda memenuhi antusiasme pasar

All stories by : microzide.id

Leave a Reply